.

.

Jumat, 03 Maret 2017

WAFAQ
Wafak adalah transliterasi dari wafaq (وفق) dalam bahasa Arab yang berarti serasi / singkron. Sedangkan terminologinya dalam bahasa indonesia belum ditentukan secara baku. Dan kalaupun ada maka maknanya bukan untuk suatu deskripsi yang dimaksudkan sebagai wafaq yang sepadan dengan rajah, wifik ataupun sejenisnya.

Wafak dalam hal ini bisa disederhanakan dengan pengertian semacam azimat yang cara penulisannya adalah mengkonfersi huruf, asma, ayat maupun kalimat kedalam angka atau simbol dan dikemas dalam bentuk tertentu.

Pada prinsipnya wafak ini diciptakan sebagai ikhtiar untuk selalu ada rasa kedekatan dan hubungan antara makhluk dengan kholiknya melalui dzikir atau do'a yang ditulis langsung ataupun ditulis dengan angka gematrikalnya, simbol maupun sandi sehingga jika suatu sa'at tulisan-tulisan itu dengan tanpa sengaja terjatuh ataupun masuk ke tempat yang tidak "layak" , maka tentu akan tidak menjadi sesuatu yang menistakan dzikir ataupun do'a yang dimaksud.

Pada hakikatnya ilmu wafaq/wifiq ini bukanlah ilmu yang baru, akan tetapi merupakan ilmu yang sudah sangat kuno dengan berbagai dinamikanya. Dalam salah satu riwayat diantaranya adalah imam Sufyan Ats-Tsauri yang menulis untuk wanita yang akan melahirkan dan digantungkan di dadanya. Atau seperti riwayat sahabat Abdur-Rohman bin Auf yang menulis huruf-huruf permulaan surat Al-Qur'an untuk suatu tujuan.
Wallahu a'lam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar